Serba-serbi Kaldu
kaldu

kaldu

Kaldu

Sisa-sisa sayuran yang masih segar jangan dibuang. Bisa digunakan untuk menibuat kaldu sayuran. Kumpulkan dan simpan dalam freezer. Setelah cukup banyak, diblender dan simpan dalam keadaan beku dalam freezer. Bisa digunakan setiap saat untuk tambahan rasa dalam masakar sup atau tumis.

Sisa-sisa kaldu juga bisa disimpan dalam freezer untuk dijadikan sup atau campuran tumis di lain waktu. Membuat kaldu yang enak, dengan menggunakan tulang. Tulang sapi maupun tulang ayam atau tulang kambing. Caranya, masukkan tulang-tulang ke dalam panci berisi air yang lelah dibubuhi garam. Lalu jerangkan di atas api sedang. Anda bisa mendapatkan kaldu yang enak berwarna kecokelatan, jika tulang yang akan digunakan untuk membuat kaldu terlebih dulu dipanggang sampai berwarna cokelat. Agar tidak berkerak kehitaman, panggangan diletakkan berjarak kira-kira 13 cm dari api.

Anda ingin kaldu sup yang bening? Tambahkan dua atau tiga kulit telur dan didihkan secara berangsur-angsur. Cara lain adalah menyaring kaldu tersebut dengan kain yang bersih atau saringan kopi.

Campurkan air dingin dengan tepung mcnjadi pasta yang lembut. Tambahkan campuran itu sedikit demi sedikit ke dalam panci yang bcrisi kuah daging. Aduk terus sampai mendidih.

Cara cepat membuat kaldu berwarna gelap: campur satu sendok makan gula dengan satu sendok makan air. Panaskan campuran itu sampai air mengering dan gula berwarna kecokelatan. Lalu tuangkan kuah daging yang berwarna pucat ke dalam gula karamel tadi.

Cara lain, tuangkan minuman kopi dari perkolator ke dalam kuah daging yang berwarna pucat. Kaldu akan berwarna gelap tapi rasanya tidak akan berubah.

Menghilangkan lemak dari kaldu: biarkan dingin, lemak yang berwarna putih akan mengambang. Angkat sampai bersih. Cara lain, dinginkan kaldu, lemak akan segera membeku di bagian atas.

Memasak sup kacang polong, terlebih dulu tambahkan sepotong roti ke dalam sup bersamaan dengan kacang polongnya. Ini akan membuat kacang polong mengambang, sehingga tidak lengket di dasar panci. Roti menyerap rasa asin pada sup, karena itu boleh ditambahkan garam sesuai selera.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website