Santan
kelapa

kelapa

Kelapa

Kelapa termasuk pohon yang banyak gunanya. Mulai dari buah, tempurung, sabut, kembang, daun, tulang daun, dan dahan, semuanya dapat dimanfaatkan. Buahnya termasuk bagian yang tersering digunakan ibu rumah tangga, dari kelapa muda, setengah tua, dan yang tua.

Kelapa muda (degan) dikeruk daging buahnya untuk campuran es kelapa muda, es campur, atau es doger. Bisa juga untuk campuran kue, seperti klappertart atau jongkong. Kelapa setengah tua biasanya dikupas dulu kulit arinya yang cokelat sebelum diparut dengan arah memanjang. Hasil parutannya yang agak kasar dimanfaatkan untuk urap, botok, dan serundeng. Juga bisa digunakan untuk taburan kue.

Kelapa tua umumnya dibuat santan, dipakai untuk masakan atau untuk membuat kue. Cara memarutnya tidak sama dengan kelapa setengah tua. Kulit ari bisa dikupas dan tidak dikupas tergantung selera. Sebaiknya parutlah kelapa tua dengan posisi tegak karena hasil parutan lebih halus dan perolehan santan jadi lebih banyak.

Cara Membuat Santan
Untuk memudahkan Anda memarut, sebaiknya belah kelapa menjadi 4 bagian. Untuk memperoleh santan kental, campur parutan kelapa dengan 200 ml air hangat. Remas-remas kelapa, lalu peras melalui saringan. Tambahkan lagi 150 ml air pada sisa ampas kelapa. Remas-remas lagi dan saring. Hasil yang diperoleh adalah santan sedang. Tambah air lagi untuk menghasilkan santan encer.

Pemakaian
Untuk masakan yang menggunakan santan, sebaiknya tuangkan dulu santan encer, baru santan kental. Setelah santan kental dimasukkan, kecilkan api dan aduk terus agar santan tidak pecah.

Bila santan berlebih dan akan disimpan lama, masukkan santan dalam kantong plastik, simpan dalam freezer. Tapi bila akan dipakai esok harinya, masak dulu. Setelah dingin, simpan dalam lemari es. Bila kelapa yang Anda beli berlebih, taruh dalam wadah berisi air dan simpan dalam lemari es.

Sekarang ini juga tersedia aneka produk kelapa dan santan dalam kemasan. Ada yang berbentuk kelapa parut dikeringkan. Biasanya untuk campuran adonan kue kering. Ada pula kelapa bubuk yang bisa langsung dimasukkan dalam masakan atau dicairkan dulu. Kelapa bubuk biasanya dikemas dalam bentuk sachet. Adapun santan siap pakai ada yang dikemas dalam kaleng dan kardus. Wujudnya bisa bubuk atau cairan.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website